ilustrasi informatika

Tahukah kalian, jika informatika dianggap sebagai ilmu tentang informasi dan memiliki sinonim dengan teknologi informasi dan sistem informasi, informatistika, informologi dan informatilogi (Cawkell, 1997; Wellisch, 1972). Istilah informatika lebih dikaitkan pada ilmu informasi daripada ilmu komputer serta dianggap sebagai penggunaan terapan dari ilmu informasi. Dalam lingkup informatika, komputer maupun gawai lainnya hanya digunakan sebagai media untuk mengolah informasi. 

Wujud- wujud yang biasa dipelajari dari bidang informatika ini adalah seputar hardware dan software. Yang mana pada hardware, kita akan belajar mengenai beberapa komponen komputer secara langsung yang dapat mendukung proses komputerisasi. Sementara software sendiri memiliki beberapa klasifikasi antara lain:

  1. Perangkat lunak aplikasi, dimana kita dapat memanfaatkan teknologi komputasi yang sudah ada pada  komputer seperti ms.office dan aplikasi pendukung lain.
  2. Perangkat lunak sistem, menjalankan hardware seperti mac os, windows, android.

Ruang lingkup informatika:

  1. Teknik informatika
  2. manajemen informatika
  3. Sistem informasi
  4. Ilmu komputer

Mengapa kita memilih bidang informatika?

Tentunya, kita tahu bahwa pada zaman ini, banyak kebutuhan yang tidak bisa dipisahkan dari teknologi. Belum lagi teknologi informasi juga kini semakin berhubungan langsung dengan unsur fisik yang dahulu hanya dapat dilakukan secara offline saja. Kini, IoT atau internet of things menjadi angin baru dalam membawa perubahan dan percepatan di segala bidang. Belum lagi kehadiran metaverse yang seakan menghilangkan sekat antara dunia maya dan dunia nyata semakin tiada. Dari gambaran di atas, kita diharapkan untuk bisa menekuni bidang informatika ini. Agar ke depannya, kita bisa mengikuti atau mungkin membuat sebuah teknologi informasi baru yang bisa membantu banyak orang. 

(Sc: https://serupa.id/informatika-pengertian-ruang-lingkup-implementasinya/)

Apa aja yang biasa dipelajari di informatika?

Untuk bidang informatika, biasanya kita lebih berfokus kepada software yang digunakan untuk komputasi. Informatika bukan hanya tentang mengoding saja, tapi juga untuk mengumpulkan data dan bagaimana menyimpannya dalam sistem komputer. Yuk kita kenalan sama beberapa software  yang bisa kita gunakan selama menempuh bidang informatika.

  1. Dev C++
    Bahasa C dibuat untuk memprogram sistem dan jaringan komputer, tetapi juga masih sering digunakan untuk membuat software aplikasi. Seiring berjalannya waktu, bahasa C ini berkembang menjadi bahasa C++ yang mana lebih mudah untuk dipelajari.
  2. Oracle
    Software ini berfokus pada penyimpanan sekumpulan data atau yang biasa kita sebut dengan database. Nah disinilah kita bisa menyimpan data dari software aplikasi atau website yang kita buat.
  3. Sublime text
    Dapat digunakan untuk menyimpan file berekstensi html. HTML sendiri merupakan bahasa yang digunakan dalam pembuatan file  website. Nah jika kalian ingin membuat website atau blog pribadi, bisa gunakan sublime text. Aplikasi ini juga memungkinkan kita mendesain website dengan ekstensi .css. 
  4. Visual Studio Code
    Untuk aplikasi Visual Studio Code bisa dibilang adalah salah satu aplikasi yang memiliki paket komplit. Bisa digunakan untuk membuat html, css maupun bahasa c.Yang jelas, kalian akan melihat berbagai fitur menarik yang bisa digunakan untuk mengkoding di aplikasi ini.

Setelah tau dan mempelajari aplikasi diatas, mungkin sobat infor bingung bagaimana caranya agar menjadi mahasiswa informatika yang produktif, nah kini mimin kasih tau caranya.

  1. Merencanakan Waktu Pengerjaan Tugas. 

Sebaiknya sebelum kamu mengerjakan tugas, kamu harus merencanakan waktu pengerjaan. Sebagai mahasiswa produktif, kamu dapat memilah tugas yang bisa dikerjakan terlebih dahulu agar kamu tidak menjadi mahasiswa deadliner. Jika kamu mengerjakan tugas dengan waktu yang mendadak, akan ada saja permasalahan yang mucul. Seperti, gagal meng-upload tugas, printer bermasalah, dan lainnya. Merencanakan waktu pengerjaan tugas bertujuan agar kamu dapat menggunakan waktu sebaik-baiknya, juga agar dapat mengerjakan tugas berikutnya.

  1. Abaikan Gangguan dalam Pengerjaan Tugas

Biasanya mahasiswa sangat mudah sekali terganggu fokusnya saat mengerjakan tugas, dan hal ini harus bisa kamu abaikan agar dapat menyelesaikan tugas tepat pada waktunya.Gangguan yang biasa di alami mahasiswa antara lain:

  • Notifikasi gadget pada media sosial, games, dan lainnya
  • Teman yang malas, seperti teman yang mengajak kita agar bermain dan melupakan tugas
  1. Mengatur Waktu Belajar

Sebagai mahasiswa produktif, kamu harus pandai dalam mengatur waktu belajar dengan mengisi waktu jeda kelas dengan baik. Terkadang akan banyak sekali jeda waktu yang diberikan, sebaiknya kamu bisa mengisi jeda waktu tersebut dengan hal yang bermanfaat. Seperti bertukar pikiran dengan teman tentang materi yang dipelajari di kelas, atau kamu dapat berkunjung ke perpustakaan bersama teman kamu, agar kamu juga dapat beristirahat sejenak.

  1. Mengatur Waktu Olahraga

Gejala yang sering dialami mahasiswa adalah sering terjangkit penyakit. Seperti flu, batuk, dan demam, yang membuat mahasiswa merasa kurang fit. Ini disebabkan karena kurangnya berolahraga. Dengan berolahraga secara teratur, kamu dapat sekaligus meningkatkan produktivitasmu, karena berolahraga dapat meningkatkan stamina dan konsentrasi. Sebagai mahasiswa produktif, setidaknya kamu dapat berolahraga minimal 3 kali seminggu selama minimal 30 menit.

  1. Mengatur Kegiatan UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa)

Dengan mengikuti UKM, kamu memiliki peluang lebih besar untuk mendapat lebih banyak teman, serta jaringan hubungan yang lebih luas lagi. Dalam kegiatan UKM, kamu juga dapat belajar banyak yang belum tentu diajarkan di kelas, seperti berlatih kepercayaan diri dengan berbicara di depan umum, dan lainnya.

Namun, biasanya tugas kuliah akan berbenturan dengan kegiatan UKM. Begitu juga sebaiknya, kamu dapat mengatur waktu kegiatan UKM itu di hari apa saja, agar tugas kuliahmu tidak terbengkalai. Apalagi jika sampai tugas kuliah tidak kamu kerjakan karena kegiatan UKM.

  1. Mengatur Waktu Istirahat

Kebiasaan dari kebanyakan mahasiswa adalah waktu tidur yang terlalu malam. Waktu istirahat yang baik sekurang-kurangnya 7 jam semalam. Namun, kebiasaan mahasiswa apabila tidak ada kelas di pagi hari justru digunakan untuk istirahat hingga siang. Sebaiknya kebiasaan dalam bangun pagi harus tetap terjaga, karena dengan bangun pagi, kamu memiliki waktu yang cukup untuk mandi, sarapan dan bersiap-siap berangkat ke kampus. Dengan mengatur waktu istirahat, dapat meningkatkan kosentrasi dalam belajar dan produktivitas sebagai mahasiswa.

Himpuan Mahasiswa Informatika Unsoed

Leave a Reply

Your email address will not be published.